Monday, August 5, 2013

Performa Zinedine Zidane di Piala Dunia 2006

Performa Zinedine Zidane di Piala Dunia 2006

 

Jerman, LidoBET.com â€" Piala Dunia 2006 yang dihelat di Jerman merupakan turnamen terakhir Zinedine Zidane sebagai pesepakbola profesional. Perancis yang tadinya sudah hampir tidak lolos babak kualifikasi ke Piala Dunia akhirnya bisa lolos dengan susah payah. Pelatih Raymond Domenech yang berjasa dalam membawa pemain-pemain senior seperti Zidane, Bixente Lizarazu, Lilian Thuram dan Claude Makelele untuk kembali bermain membela timnas.

Sebulan sebelum partai pertama Piala Dunia 2006, Zidane baru mencatat penampilan ke-100 sekaligus menjadi pemain keempat yang yang bermain 100 kali untuk Perancis setelah Marcel Desailly, Lillian Thuram dan Didier Deschamps.

Tergabung di grup yang relatif mudah bersama wakil Eropa, Swiss, “Taeguk Warrior” Korea Selatan dan debutan asal Afrika, Togo, Perancis malah terseok-seok di babak penyisihan grup dan lolos di partai penentuan yaitu partai ke tiga setelah hanya bermain imbang 0-0 melawan Swiss dan 1-1 melawan Korea Selatan. Untungnya Togo berhasil ditekuk 2-0 di partai terakhir dan hasil ini membawa Perancis ke babak selanjutnya.

Bertemu Spanyol di babak 16 besar, Zidane tampil sebagai man of the match setelah berhasil mencetak gol dan membawa Perancis menang 3-1 setelah tertinggal terlebih dahulu lewat gol penalti David Villa. Di babak perempat final, Zidane kembali menjadi man of the match setelah free kick-nya menuntun Thierry Henry mencetak satu-satunya gol untuk memulangkan Brazil, 1-0 untuk Perancis.

Pada partai semi-final yang seperti ulangan pada Piala Eropa 2000 Perancis bertemu dengan Portugal, dan gol tunggal dari titik 12 pas Zidane sudah cukup untuk membawa Perancis ke final.

Italia yang awalnya tidak diunggulkan menjadi lawan di partai final. Zidane membuka keunggulan bagi Perancis lewat titik putih di menit ke-7 sebelum disamakan oleh Marco Materazzi. Setelah insiden sundulan Zidane pada Materazzi pada babak perpanjangan waktu, Zidane pun diusir wasit dan Italia sukses menjadi juara dunia setelah menang 5-3 lewat adu penalti.

No comments:

Post a Comment